Senin, 02 Januari 2012

Tentang Ketua


H.Tengku Yose Rizal, seorang Tokoh Melayu Asahan, yang juga sekarang memimpin Forum Silaturahmi Keraton Nusantara Sumatera Utara (FSKN-SU). Disamping itu Beliau juga menjabat Ketua Harian Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Sumatera Utara (MABMI-SU) dan pernah menjadi Ketua Presidium Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan (yang terdiri dari 24 Etnis).

Dalam diri Beliau mengalir darah Kesultanan Asahan. Dalam pikiran Beliau selalu memikirkan keberlangsungan dan pengembangan Budaya Melayu di Indonesia terutama keberadaan Melayu di Asahan khususnya di Kota Tanjung Balai. Hari-hari Beliau selalu membaca dan mengkaji Buku tentang sejarah dan perkembangan Melayu di Indonesia, sehingga di rumah Beliau banyak terdapat buku-buku Melayu, baik dari buku sejarah di zaman kesultanan, zaman penjajahan Belanda hingga zaman revolusi yang terjadi di Indonesia termasuk di Sumatera Utara.

Sekarang H. Tengku Yose Rizal melihat perkembangan Adat Melayu di Kota Tanjung Balai sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya Bangunan Bersejarah (Duplikat Istana Kesultanan Asahan) dan Bangunan Balai di Ujung Tanjung yang merupakan sejarah jadinya Kota Tanjungbalai. Kemudian telah ditetapkannya hari Jumat sebagai hari untuk berpakaian Teluk Belangga bagi Pria dan Baju Kurung bagi wanita di jajaran Pemerintahan Kota Tanjung Balai. Hal ini merupakan indikator pengembangan Adat Budaya Melayu di Kota Tanjungbalai. Untuk itu Beliau atas nama masyarakat Melayu di Kota Tanjung Balai mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai atas kepedulian, dukungan dan pembangunan masyarakat melayu di Kota Tanjung Balai. Namun kegiatan adat melayu di Gedung Bersejarah dan Gedung Balai di Ujung Tanjung terlihat belum difungsikan secara optimal oleh Dinas Pendidikan Budaya dan Parawisata (Disporabudpar) Kota Tanjung Balai. Untuk itu, pembangunan dan pengembangan adat melayu di Kota Tanjung Balai harus kita dukung secara komperensif dari seluruh elemen masyarakat melayu di Kota Tanjung Balai-Asahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar